Sartika, Dewi (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI YANG DIDENGAR DAN DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (41kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text
11. BAB 1 Pendahuluan PRINT DARI HAL 2.pdf Download (136kB) |
|
Text
12. BAB 2 Landasan Teoretis.pdf Download (178kB) |
|
Text
13. BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
14. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
15. BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
Abstract
Kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 revisi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII I. Namun, pada kenyataannya di SMP Negeri 10 Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK, dengan tujuan meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran mengenai mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VIII I di SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks ulasan cerpen pada peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dan dapat tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VIII I smp Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu proses belajar peserta didik kurang memuaskan sehingga memengaruhi hasil belajar. Pada siklus kesatu dalam hal mengidentifikasi informasi pada teks deskripsi semua peserta didik (100%) belum mencapai KKM, sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu dalam hal menceritakan kembali isi teks deskripsi yang sudah mencapai KKM sebanyak 15 orang (47%), dan yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (53%), sedangkan pada siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Berdasarkan data pencapaian KKM menunjukkan bahwa hipotesis tindakan yang penulis ajukan dalam penelitian ini sudah terbukti kebenarannya dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menentukan isi teks deskripsi pada peserta didik kelas VIII 1 SMP Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 03:21 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 03:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2580 |
Actions (login required)
View Item |