PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PSIKOTROPIKA ( Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung )

NINA ILMAYUNI, SITI (2019) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PSIKOTROPIKA ( Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SITI NINA ILMAYUNI-152154109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing learning (PPL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi psikotropika di kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 sampai dengan bulan Mei 2019 di SMA Islam Cipasung. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Islam Cipasung sebanyak lima kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 155 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik, digunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 16 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukan thitung berada di daerah penolakan H0. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendekatan problem posing learning (PPL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi psikotropika di kelas SMA Islam Cipasung. kata Kunci: Pendekatan problem posing learning (PPL), berpikir kritis dan psikotropika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:50
Last Modified: 13 Aug 2019 09:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item