PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SUB MATERI PSIKOTROPIKA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 2 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019)

APRILIYANI, RENI (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SUB MATERI PSIKOTROPIKA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 2 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Reni Apriliyani 152154084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Creative Problem Solving (CPS) pada sub materi psikotropika di kelas XI SMAN 2 Singaparna Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai dengan Juli 2019 di SMAN 2 Singaparna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMAN 2 Singaparna sebanyak dua kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 66 orang. Sampel yang digunakan sebayak dua kelas diambil dengan teknik total sampling yaitu kelas XI IPA 2 menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPA 1 menggunakan model Creative Problem Solving (CPS). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada sub materi psikotropika . tes ini berupa uraian sebanyak 13 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Creative Problem Solving (CPS) pada submateri psikotropika di kelas XI SMAN 2 Singaparna tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem based learning, creative problem solving, psikotropika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:50
Last Modified: 13 Aug 2019 09:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item