PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas VII C SMPN 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Anggraeni, Rahayu (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta didik Kelas VII C SMPN 15 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI RAHAYU ANGGRAENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013, mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali teks narasi (cerita fantasi) merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Kenyataanya masih banyak peserta didik SMPN 15 Tasikmlaya yang belum mampu menguasai teks narasi (cerita fantasi), sehingga penulis pun melaksanakan sebuah tindakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai teks narasi (cerita fantasi) menggunakan model pembelajaran Cooverative, Integrated, and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooverative, integrated, Reading and Compositin (CIRC) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali teks narasi (cerita fantasi). Metode penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajran Cooverative, Integrated, and Composition (CIRC). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, obervasi dan tes. Berdasarkan hasil pengolahan data dibuktikan kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aspek pengetahuan pertemuan pertama pelaksanaan pembelajaran sedikit terganggu sehingga peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM 21 orang (70%) dan di atas KKM 9 orang (30%) pada aspek keterampilan nilai dibawah KKM 15 orang (50%) dan di atas KKM 15 orang (50%). Lalu pada siklus II aspek pengetahuan semua peserta didik mencapai KKM baik aspek pengetahuan maupun keterampilan. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima artinya model pembelajaran Cooverative, Integrated, and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur dan meceritakan kembali teks narasi (cerita fantasi) peserta didik kela VII C SMPN 15 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Jun 2021 01:29
Last Modified: 15 Jun 2021 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item