PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SUB BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI TERBENTUKNYA PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020

KHOERUN NISA, ULFAH (2020) PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SUB BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN SAMPAI TERBENTUKNYA PEMERINTAHAN INDONESIA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/ 2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan monopoli terhadap kemampuan berpikir historis siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/ 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampel purposif yaitu kelas XI MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 9 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan butir soal berbentuk uraian dengan indikator berpikir historis. jumlah soal uraian yang dipakai yaitu 7 butir soal setelah dilakukan uji validitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan permainan monopoli di kelas XI MIPA 8 berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir historis. Hal ini didasarkan pada hasil pengolahan data yang menunjukan bahwa nilai t hitung > t tabel (6,248 > 2,000) atau nilai Sig (2-Tailed) 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Efektifitas permainan monopoli sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir historis siswa kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2019/ 2020. Kata Kunci : Berpikir Historis, Media Permainan Monopoli, Pelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:07
Last Modified: 14 Jun 2021 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item