PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakkan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII A MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Nurlela, Linda (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN RANGKUMAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakkan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII A MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
16. SKRIPSI LINDA NURLELA acc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTs yaitu kompetensi dasar 3.8 menelaah struktur, aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dan 4.8 menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memerhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi pada pada peserta didik Kelas VII A MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.8 masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 11 orang atau 55% sementara pada aspek keterampilan 4.8 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu berjumlah 2 orang atau 10%. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kedua, pada aspek pengetahuan 3.8 peserta didik yang sudah mencapai KKM berjumlah 20 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.8 peserta didik yang mencapai KKM yaitu berjumlah 20 orang atau 100%. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan aspek kebahasaan serta menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas VII A MTs Bustanul Wildan Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:56
Last Modified: 14 Jun 2021 06:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item