PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMK Citra Mandiri Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Jamilah, Nurul (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas X SMK Citra Mandiri Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Nurul Jamilah 152121153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013 terdapat beberapa kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik yaitu menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya yang tertera di dalam silabus SMA kelas X. Kenyataan menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas X SMK Citra Mandiri yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, dokumen, dan wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas X SMK Citra Mandiri Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus ke-I ke siklus ke-II. Perolehan nilai siklus I dalam aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 13 orang (54%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 orang (46%). Pada aspek keterampilan peserta didik yang memeroleh nilai di bawah KKM sebanyak 16 orang (66,7%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 8 orang (33,3%). Pada siklus kedua baik dalam pengetahuan maupun keterampilan semua peserta didik sebanyak 24 orang (100%) sudah mencapai KKM. Pencapaian KKM oleh peserta didik menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya pada peserta didik kelas X SMK Citra Mandiri tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:43
Last Modified: 14 Jun 2021 06:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item