ZAHRO, AINI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERHADAP KETEREMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2025/2026). Other thesis, Universitas siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (791kB)
02. BAB 1.pdf
Download (297kB)
03. BAB 2.pdf
Download (631kB)
04. BAB 3.pdf
Download (922kB)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (919kB)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (271kB)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (415kB)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
09. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan dasar yang kompleks dalam ilmu sains melalui rangkaian kegiatan pembelajaran yang mengembangkan proses berpikir dan keterampilannya secara ilmiah dalam menerangkan suatu fenomena. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi science, environment, technology, society (SETS) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada Mei s.d. Oktober 2025. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya sebanyak 12 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains tipe pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan taraf siginifikansi α ≤ 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi keterampilan proses sains adalah 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning terintegrasi science, environment, technology, society (SETS) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Kata Kunci : Problem Based Learning, SETS, Keterampilan Proses Sains
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 01:56 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 01:56 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2545 |
