ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

TSANIATURRAMDHANI, RISNA (2021) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
00 COVER SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
07 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
08 BAB 2 LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (286kB)
[img] Text
09 BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
010 BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
011 BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
012 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis ditinjau dari adversity quotient dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif untuk memperoleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah matematis, angket adversity response profile, dan wawancara. Instrumen yang diberikan berupa soal tes pemecahan masalah matematis dan angket adversity response profile. Subjek dalam penelitian ini peserta didik yang mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal tes pemecahan masalah matematis yang memenuhi tiga indikator kesulitan, yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip, dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal pada masing-masing tipe AQ berdasarkan hasil angket ARP, serta dapat memberikan informasi yang jelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Subjek Quitter mengalami kesulitan dalam membuat persamaan dari permasalahan, tidak dapat menjelaskan konsep perbandingan, dan tidak mampu menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan, tidak dapat melakukan perhitungan dan tidak bisa menyelesaikan soal dengan baik dan benar, serta kesulitan dalam masalah verbal. Subjek Camper tidak dapat menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan, tidak dapat melakukan operasi perhitungan dengan benar, sehingga jawaban yang diperoleh tidak tepat, serta kesulitan dalam masalah verbal. (2) Faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dominan bersumber dari faktor internal yaitu minat dan motivasi dalam melatih pemecahan masalah. Faktor kesulitan lainnya dipengaruhi oleh kecerobohan dalam melakukan perhitungan sehingga jawaban yang diperoleh tidak tepat. Kata kunci: Kesulitan Peserta Didik, Pemecahan Masalah Matematis, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:30
Last Modified: 14 Jun 2021 06:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item