PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018)

MAULANA, DIKI (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen Di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Diki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Instruction pada Konsep Keaneragaman Hayati di Kelas X SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 di SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya sebanyak dua belas kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 418 orang dan sampel pada penelitian ini digunakan siswa sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling (teknik random atas himpunan) yaitu kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 4 masing-masing terdiri dari 37 siswa kelas MIPA 1 dan 38 siswa kelas X MIPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar peserta didik pada konsep Keaneragaman Hayati manusia Tes ini berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t komparatif untuk perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan (α)=5% dan uji t deskriptif untuk mengetahui nilai post test sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Instruction (PBI) pada konsep Keaneragman Hayati di Kelas X MIPA SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya. tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, dan Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Keaneragaman Hayati

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:48
Last Modified: 13 Aug 2019 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item