PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021)

Sholikhah, Walidatu (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Walidatu Sholikhah-162121103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mengacu pada Silabus Bahasa Indonesia tahun 2016, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP, yaitu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita. Peserta didik di kelas VIII SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penulis mengatasi permasalahan tersebut dengan penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran gallery walk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2020/2021. Mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan menerapkan teknik observasi, wawancara, dan tes. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi, dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai kualitas hasil belajar yang diharapkan. Hasil nilai pada siklus pertama dalam aspek pengetahun pada KD 3.1 sebanyak 28 peserta didik (87,5%) belum mencapai KKM dan yang sudah mencapai KKM 4 peserta didik (12,5%). Pada siklus pertama dalam aspek keterampilan pada KD 4.1 sebanyak 32 (100%) peserta didik belum mencapai KKM. Adanya peningkatan pada siklus kedua dalam aspek pengetahuan pada KD 3.1 sebanyak 32 peserta didik (100%) mencapai KKM dan aspek keterampilan pada KD 4.1 mencapai KKM 32 peserta didik (100%). Terdapat peningkatan perolehan proses dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa model pembelajaran gallery walk dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII SMP K.H.Z. Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:14
Last Modified: 11 Jun 2021 06:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item