PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PSIKOTROPIKA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MAN 2 Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019)

HARDIAH, AYU (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PSIKOTROPIKA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA MAN 2 Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
AYUHARDIAH_15254065_BIOLOGI2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik serta hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Ciamis pada sub materi psikotropika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA MAN 2 Ciamis sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 141 peserta didik dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi sains berupa soal pilihan majemuk pada sebanyak 28 soal dan tes hasil belajar berupa soal pilihan majemuk sebanyak 32 soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji ANCOVA (Analyze of covariance) dengan taraf signifikan sebesar () = 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik serta ada hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Ciamis pada sub materi psikotropika. Kata kunci : model Problem Based Learning, literasi sains, hasil belajar, psikotropika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:46
Last Modified: 13 Aug 2019 09:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item