AMARULLOH, ADHITYA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ANIMALIA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
152154081_Adhitya Amarulloh_Draft Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Abad 21 merupakan era Industri 4.0 yang tidak terlepas dari digitalisasi. Digitalisasi juga membawa perubahan pada dunia pendidikan, karena penyebaran informasi yang semakin cepat. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi berbasis Android terhadap kemampuan literasi informasi dan hasil belajar pada materi Animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya, tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Juli 2019, di SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan true experiment dengan desain randomized Pretest-Posttest control group design. Populasi berjumlah 299 orang, dengan teknik sampling cluster random sampling, hasilnya adalah kelas X MIPA 1 (eksperimen) dan X MIPA 5 (kontrol). Instrumen penelitian literasi informasi menggunakan instrumen tervalidasi dari SAILS® (30 butir), sedangkan instrumen hasil belajar (42 butir) kedua instrumen berbentuk multiple choice. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media berbasis aplikasi Android terhadap literasi informasi dan hasil belajar, serta ada hubungan antara hasil belajar dengan literasi informasi pada pembelajaran materi Animalia di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Digitalisasi, media aplikasi Android, literasi informasi, hasil belajar, Animalia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 08:46 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 08:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/249 |
Actions (login required)
View Item |