Chikalananda, Aradhea (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PEMILIHAN SEKOLAH SWASTA DI DAERAH KABUPATEN TASIKMALAYA DENGAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01_AradheaChikalananda_147006187(hasil koreksi 30 juli 2020) fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sekolah merupakan sebuah lembaga yang dirancang untuk pembelajaran perserta didik dibawah pengawasan pendidik dalam upaya menciptakan peserta didik yang dapat mengalami kemajuan setelah melalui proses pembelajaran. Sekolah sebagai tempat pendidikan di daerah Negara Indonesia terus bertambah dan terkadang didirikan dalam jarak yang berdekatan dengan sekolah yang berdiri sebelumnya. Keberadaan sekolah yang terus bertambah, memberikan alternatif pilihan bagi orang tua menyekolahkan anaknya, tetapi menimbulkan masalah baru diantaranya, tidak mudahnya menentukan pilihan sekolah yang tepat sesuai yang diinginkan. Agar pemilihan sekolah dapat dilakukan dengan mudah, diusulkan suatu sistem rekomendasi pemilihan sekolah dengan menerapkan metode Multi-Objective Optimization On Basis of Ratio Analysis (MOORA) dengan parameter : spp, uang gedung, akreditasi, kelulusan, banyak siswa, dan jarak yang nilai parameternya didapatkan menggunakan metode Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan diintegrasikan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Hasil percobaan pada penelitian menunjukan bahwa, sistem yang dikembangkan dapat menghasilkan informasi rekomendasi sekolah secara visual pada radius yang dapat ditentukan oleh pengguna. Informasi lokasi koordinat pengguna, jumlah data sekolah yang terdapat pada sistem serta lokasi visual sekolah yang direkomendasikan berhasil ditampilkan oleh sistem. Kata Kunci: koordinat, MOORA, SPK, sekolah, SIG.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 02:33 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 02:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2459 |
Actions (login required)
View Item |