ANALISIS EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA TASIKMALAYA

RADITA, RAISHA (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan sepeda motor serta menjadi kendaraan yang paling banyak berada di jalan raya menyebabkan kemacetan pada simpang bersinyal di Kota Tasikmalaya. Akibatnya sering terjadi penumpukan sepeda motor yang tidak beraturan di mulut persimpangan pada saat fase merah. Sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan tersebut pemerintah Kota Tasikmalaya membuat Ruang Henti Khusus (RHK) untuk sepeda motor. RHK adalah salah satu fasilitas bagi sepeda motor untuk berhenti di persimpangan selama fase merah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menguji tingkat efektivitas RHK, mengetahui tingkat pelayanan (LOS) dan mengetahui desain RHK di Persimpangan Bersinyal pada daerah yang ditinjau adalah Simpang Mitra Batik, Cimulu, Sutisna Senjaya, Bantar-Galunggung di Kota Tasikmalaya. Hasil pengujian kelayakan RHK berdasarkan tingkat keterisian didapat rata-rata 50% yang artinya masih kurang berhasil diterapkan. Adapun untuk perencanaan RHK metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) yang dihubungkan dengan pedoman perancangan ruang henti khusus (RHK) sepeda motor pada simpang bersinyal di kawasan perkotaan. Tingkat pelayanan (LOS) pada kondisi eksisting di Simpang Mitra Batik, Sutisna Senjaya dan Bantar-Galunggung adalah F (buruk sekali). Desain Ruang Henti Khusus pada Simpang Mitra Batik pendekat utara adalah 2 lajur dengan luas 2,5 m x 10 m sedangkan untuk pendekat selatan adalah 1 lajur dengan luas 2,9 m x 8 m, Simpang Bantar-Galunggung untuk pendekat barat adalah 2 lajur dengan luas 2,8 m x 5 m sedangkan untuk pendekat timur adalah 2 lajur dengan luas 3,3 m x 4 m, Simpang Sutisna Senjaya untuk pendekat utara adalah 1 lajur dengan luas 2,45 m x 5 m sedangkan untuk pendekat selatan adalah 3 lajur dengan luas 7,2 m x 4 m. Kata Kunci : Desain RHK, Tingkat Pelayanan, Ruang Henti Khusus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:37
Last Modified: 07 Jun 2021 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item