Annisafitri, . (2021) ANALISIS DESAIN, FITUR DAN FUNGSI SEBAGAI REKOMENDASI PENGEMBANGAN PADA MASSIVE OPEN ONLINE COURSE (MOOC) SAKATA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
TA_ANNISAFITRI_157006115 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu bentuk implementasi dari pembelajaran daring. Rata-rata tingkat penyelesaian kelas (course) pada MOOC masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana MOOC platform Sakata mengikuti prinsip-prinsip desain antarmuka dan desain instruksional. Prinsip yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design, dan prinsip desain instruksional Gagne’s Nine Event of Instruction, Chickering and Gamson’s Seven Principles for Good Practice Undergraduate Education. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online (E-Learning Usability Scale) dan task scenario pada evaluasi usability. Metode yang diterapkan adalah dengan pendekatan kualitatif yang tahapan pertamanya melakukan pengumpulan data dari e-learning usability scale dan usability testing dilakukan untuk memperoleh data kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam segi desain kelas sakata sudah memenuhi standar tapi pada segi konten, interakaktivitas dan kehadiran pengajar Sakata belum memenuhi standar alat ukur sehingga masih memiliki ruang perbaikan. Terdapat juga beberapa permasalahan usability yang ditemukan dan paling banyak terkait dengan forum diskusi. Dalam penelitian ini dijabarkan alasan permasalahan dan alternative yang ditawarkan untuk meningkatkan usability dari Sakata. Kata kunci— MOOC, desain antarmuka, desain instruksional, usability, Sakata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 07:12 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 07:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |