Fransiska, Susanti (2020) SENTIMENT ANALYSIS PROVIDER BY.U PADA ULASAN GOOGLE PLAY STORE DENGAN METODE TF-IDF DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
TA - 167006031 Susanti Fransiska.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Provider by.U merupakan layanan telekomunikasi yang terhitung baru dan menarik dengan klaim sebagai provider digital pertama di Indonesia. Semua layanannya dilakukan secara digital dengan aplikasi By.U yang menawarkan kemudahan, meski begitu tidak semua penggunanya merasa puas dengan pelayanan tersebut, terdapat kritik dan saran yang salah satunya disampaikan melalui fitur ulasan aplikasi by.U pada Google Play Store. Analisis sentimen dilakukan untuk mengekstrak informasi terkait provider by.U. Tahapan yang dilakukan yaitu scrapping data ulasan, pelabelan positif dan negatif, praproses data diantaranya data cleaning, normalisasi data, stopword removal dan penanganan negasi, klasifikasi sentimen menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dan TF�IDF sebagai feature extractionnya. Pengujian TF-IDF+SVM dengan 5-Fold Validation menghasilkan akurasi yang cukup baik dengan nilai rata-rata akurasi sebesar 84,7%, presisi sebesar 84,9%, recall sebesar 84,7% dan f-measure sebesar 84,8%. Hasil akurasi tertinggi pada fold 2, yaitu 86,1%. Pengaruh TF-IDF terhadap pengukuran performa model tidak begitu besar, namun lebih baik. Kata Kunci : Analisis sentimen, Klasifikasi, SVM, TF-IDF
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 May 2021 07:11 |
Last Modified: | 28 May 2021 07:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2416 |
Actions (login required)
View Item |