PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IIS MAN 2 Tasikmalaya)

RIFDA FADILAH, SYIFA (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IIS MAN 2 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover Skripsi Rifda.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB)
[img] Text
skripsi OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan pokok yaitu dalam kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning melalui media Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain The Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya adalah seluruh kelas XI IIS MAN 2 Tasikmalaya, terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 195 siswa. Kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dengan menggunakan model discovery learning sedangkan kelas XI IIS 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data ini menggunakan SPSS 23.0 dengan uji t dengan taraf nyata 0,05. Dari hasil penelitian maka dapat dibuktikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model discovery learning dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:44
Last Modified: 13 Aug 2019 03:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item View Item