FITRIYANI, PRANSISKA NUR (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (156kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (264kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (178kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (192kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (148kB)
06 DAFTAR ISI.pdf
Download (172kB)
07 DAFTAR TABEL.pdf
Download (148kB)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (121kB)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (143kB)
10 BAB I.pdf
Download (183kB)
11 BAB II.pdf
Download (279kB)
12 BAB III.pdf
Download (392kB)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (193kB)
16 LAMPIRAN-.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan tipe Team Assisted Individualization di kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan jenis komparatif atau perbandingan dengan desain pretest posttest nonequivalent multiple group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah sebanyak 186 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probality sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan baik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division atau yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebelum dan sesudah perlakuan pada mata pelajaran ekonomi, namun nilai rata-rata posttest menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Student Team Achievement Division, Team Assisted Individualization
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:34 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:34 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2235 |
