PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

FITRIYANI, PRANSISKA NUR (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR ISI.pdf] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR TABEL.pdf] Text
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 08 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of 10 BAB I.pdf] Text
10 BAB I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 11 BAB II.pdf] Text
11 BAB II.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 12 BAB III.pdf] Text
12 BAB III.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 13 BAB IV.pdf] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of 14 BAB V.pdf] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 16 LAMPIRAN-.pdf] Text
16 LAMPIRAN-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan tipe Team Assisted Individualization di kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan jenis komparatif atau perbandingan dengan desain pretest posttest nonequivalent multiple group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah sebanyak 186 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probality sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan baik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division atau yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebelum dan sesudah perlakuan pada mata pelajaran ekonomi, namun nilai rata-rata posttest menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Student Team Achievement Division, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user1 user1 user1
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:34
Last Modified: 08 Dec 2025 07:34
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item
View Item