ANALISIS IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCE DI LAZ PUSAT ZAKAT UMAT PERSATUAN ISLAM KANTOR LAYANAN KABUPATEN TASIKMALAYA

NAILA MALIEHA, TIA (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI GOOD AMIL GOVERNANCE DI LAZ PUSAT ZAKAT UMAT PERSATUAN ISLAM KANTOR LAYANAN KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER dan lainnya.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan dan pernyataan.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Tia Naila Malieha. (2019). Analisis Implementasi Good Amil Governance di LAZ Pusat Zakat Umat Persatuan Islam Kantor Layanan Kabupaten Tasikmalaya. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. GAG adalah sistem untuk mengelola organisasi yang dapat menciptakan pola kerja yang baik di manajemen. GAG mempunyai kode etik yang wajib untuk dipatuhi dan dimengerti oleh seluruh organisasi pengelola zakat serta terdapat 3 asas dalam pengelolaan zakat diantaranya Amanah, Profesional dan Transparan. Di organisasi manajemen zakat, penerapan kode etik dan asas ini sangat penting, karena jika suatu organisasi ataupun lembaga melakukan sistem GAG dengan baik, hal ini dapat memberikan kepuasan dan keyakinan yang tidak hanya dirasakan oleh pembayar zakat (muzakki) tetapi juga dirasakan oleh penerima zakat (mustahiq) bahwa zakat yang mereka (muzakki) bayarkan melalui Lembaga Amil Zakat telah dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan GAG di Lembaga Amil Zakat PZU Kantor Layanan Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini, yaitu data primernya adalah wawancara kepada pihak-pihak yang terkait yaitu amil zakat muzakki dan mustahik di LAZ PZU Kantor Layanan Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan data sekundernya adalah data-data yang diperoleh seperti buku, jurnal serta data dari LAZ PZU Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis sebelum di lapangan dan selama di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara kepada pihak yang terkait di LAZ PZU Kantor Layanan Kabupaten Tasikmalaya pada dasarnya telah mengimplementasikan asas pengelolaan zakat pada Good Amil Governance. Implementasi Good Amil Governance dari asas Amanah adalah Baik, Profesional Cukup dan Transparan Cukup. Serta perlunya meningkatkan kapasitas amilin dalam melakukan pendidikan keamilan ataupun pelatihan secara berkala dan turut serta melaksanakan kepatuhan syariah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kata kunci : Good Amil Governance, LAZ

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:11
Last Modified: 28 Aug 2020 09:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item