PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Singaparna)

Mulkiyyah, Nurul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN BANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Singaparna). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (54kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang membuat nilai peserta dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi Kerjasama Ekonomi Internasional dengan penerapan model Example Non Example dengan bantuan media visual di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Singaparna. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI-IPS sebanyak 42 peserta didik yang terdiri dari 2 kelas. Teknik yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS-2 sebanyak 21 peserta didik sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS-1 sebanyak 21 peserta didik sebagai kelas Kontrol. Dari hasil penelitian maka dapat dibuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah perlakuan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan bantuan media visual dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta didapat pengaruh dengan menggunakan Effect Size sebesar 62,7%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Example Non Example, Media Visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:26
Last Modified: 27 Jul 2020 07:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item