PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2018/2019)

Khoeriah, Ucu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER,.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
4. Abstrakk.pdf

Download (105kB)
[img] Text
10. BAB 1 fix.pdf

Download (97kB)
[img] Text
11. BAB II REVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
12. BAB III REVISI UCU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
14. BAB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK UCU KHOERIAH, 2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar sebanyak 5 kelas, dengan jumlah 178 orang. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas X MIPA 5 menggunakan model Problem Posing dan kelas X MIPA 4 menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 18 butir soal yang berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar. Kata kunci : Model Problem Posing, Berpikir kritis, Keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 22 May 2020 02:56
Last Modified: 22 May 2020 02:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item