Khoeriah, Ucu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER,.pdf Download (59kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
4. Abstrakk.pdf Download (105kB) |
|
Text
10. BAB 1 fix.pdf Download (97kB) |
|
Text
11. BAB II REVI.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
12. BAB III REVISI UCU.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
|
Text
14. BAB V FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
Abstract
ABSTRAK UCU KHOERIAH, 2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan November 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar sebanyak 5 kelas, dengan jumlah 178 orang. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas X MIPA 5 menggunakan model Problem Posing dan kelas X MIPA 4 menggunakan model Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 18 butir soal yang berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data dan pengujian hipotesis, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik materi Keanekaragaman Hayati di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Banjar. Kata kunci : Model Problem Posing, Berpikir kritis, Keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:56 |
Last Modified: | 22 May 2020 02:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1820 |
Actions (login required)
View Item |