PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASI DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Hayati Sa’diah, Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASI DRAMA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
10.BAB 1 FIX.pdf

Download (108kB)
[img] Text
11.BAB 2 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
12.BAB 3 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
13.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14.BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesignifikanan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H dan VIII I SMP Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa nilai rata-rata pretest peserta didik pada kemampuan mengindentifikasi unsur-unsur drama di kelas eksperimen adalah 53,12 sedangkan di kelas kontrol adalah 48,53. Nilai rata-rata pretest peserta didik pada kemampuan menginterpretasi drama di kelas eksperimen adalah 54,87 sedangkan di kelas kontrol adalah 53,87. Nilai rata-rata posttest peserta didik pada kemampuan mengindentifikasi unsur-unsur drama di kelas eksperimen adalah 84 sedangkan di kelas kontrol adalah 81,62. Nilai rata-rata posttest peserta didik pada kemampuan menginterpretasi drama di kelas eksperimen adalah 79,71 sedangkan di kelas kontrol adalah 73,78. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan uji Wilcoxon untuk kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur drama sebagai data posttest diperoleh hasil W hitung = 63 < W tabel (0,01) (taraf signifikasi 1%). Pada kemampuan menginterpretasi drama W hitung = 120 < W (0,01) (taraf signifikan 1%). Hal ini membuktikan bahwa Number Head Together berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi drama pada peserta didik kelas VIII H dan VIII I SMP Negeri 4 Tasikmlaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 May 2020 05:57
Last Modified: 20 May 2020 05:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item