PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

HAZ, SYAHRUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan bulan Juli 2019 di SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 134 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 3 sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebanyak 34 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik digunakan instrumen berupa tes kemampuan literasi sains berjumlah 20 butir soal pilihan ganda dan angket berjumlah 18 butir pernyataan untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analysis of Covariance (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai corrected model dari kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah lebih kecil daripada nilai signifikansi yaitu sebesar 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 9. Kata Kunci: discovery learning, literasi sains, sikap ilmiah, sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 18 May 2020 08:31
Last Modified: 18 May 2020 08:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item