PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017)

Sari, Djatnika (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
9. BAB III REVISI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (100kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran peta pikiran (mind map) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Januari 2018 di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas, dengan jumlah peserta didik sebanyak 184 orang. Adapun sampel penelitian adalah sebanyak dua kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan tes hasil belajar berupa Pre-test dan Post-test berjumlah 35 butir soal yang berbentuk multiple choice dengan 5 options. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran Peta Pikiran (Mind Map) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinasi manusia di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Media Pembelajaran, Peta Pikiran (Mind Map), Hasil Belajar, Sistem Koordinasi Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 May 2020 02:58
Last Modified: 15 May 2020 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item