UN GOVERNABILITY STATE (Evaluasi Fungsi Pemerintah Kota Tasikmalaya Pada Depo Pasar Ikan Tasikmalaya Sebagai Basis Pelayanan Pemasaran Produk Perikanan)

MUHAMAD ICHSAN, FALDI (2019) UN GOVERNABILITY STATE (Evaluasi Fungsi Pemerintah Kota Tasikmalaya Pada Depo Pasar Ikan Tasikmalaya Sebagai Basis Pelayanan Pemasaran Produk Perikanan). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pemerintah Kota Tasikmalaya dalam mengoptimalkan fungsi Depo Pasar Ikan Kota Tasikmalaya sebagai basis pelayanan pemasaran produk perikanan. Penelitian ini menggunakan alat analisis yakni indikator kualitas pelayanan dari Zeithamel dkk. yang terdiri dari aspek tangibles, responsivinnes, reliability, empathy, dan assurance, Albrecht dan Zemke kualitas pelayanan publik merupakan hasil interaksi dari berbagai aspek, yaitu sistem pelayanan, sumber daya manusia, pemberi layanan, strategi dan pelanggan (customers), serta Gibson, Ivancevich dan Donnelly yaitu kepuasan, efisiensi, produksi, keadaptasian, dan pengembangan. Sementara untuk mengkaji governability menggunakan konsep governance, dan public policy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan filsafat post positivisme. Teknik pengumpulan data yakni dengan purposive sampling dimana peneliti hanya mencari informan yang benar-benar mengerahui permasalahan yang sedang diteliti. Teknik pengambilan data dengan dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi tak berstruktur. Analisis data adalah interaktif model dengan validitas berupa triangulasi. Hasil penelitian didapatkan fakta bahwa telah terjadi penurunan kualitas pelayanan. Baik dari kualitas yang berorientasi pada hasil, yaitu aspek tangibles berupa degradasi fungsi, disfungsi atau tidak berfungsinya sebagian besar fasilitas utama dan fasilitas penunjang di Depo Pasar Ikan maupun dari kualitas pelayanan yang berorientasi hasil, yaitu aspek reliability, responsiviness, assurance, dan empathy masih belum optimal. Relokasi Depo Pasar Ikan yang tidak berorientasi pada peningkatan akses dan optimalisasi fungsi Depo Pasar Ikan dari kualitas pelayanan, kualitas sarana dan prasarana, maupun kualitas dari pegawai dan manajemen. Depo Pasar Ikan sebagai basis pelayanan pemasaran produk perikanan belum terlaksana dengan baik sehingga menghasilkan kesimpulan terkait governability state dalam tata kelola pemasaran produk perikanan dalam masih lemah. Kata Kunci : Pemerintah, Pelayanan Publik, governability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:27
Last Modified: 13 Aug 2019 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item