PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JENIS DAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS MAN 2 CIAMIS

KAMILATUN NISA, FIKA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JENIS DAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS MAN 2 CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. ABSTRAK + KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS MAN 2 Ciamis yang sebagian besar tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut diduga karena guru lebih sering mengajar dengan menggunakan model ceramah, sehingga peserta didik menjadi kurang tertarik dalam melakukan pembelajaran, dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada konsep jenis dan penanggulangan bencana alam di kelas XI IPS MAN 2 Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MAN 2 Ciamis, sedangkan sampel diambil dari 40 orang peserta didik yang terbagi dari 20 orang kelas eksperimen XI IPS 1 dan 20 orang kelas kontrol XI IPS 3. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa : a) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dilakukan dengan tahapan Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok asal, Dalam kelompok tersebut, peserta didik diberikan sub materi yang berbeda, Bagi peserta didik yang mendapatkan sub materi yang sama, bergabung membentuk kelompok baru yang dinamakan kelompok ahli, Peserta didik berdiskusi dengan kelompok ahlinya masing-masing, Perwakilan peserta didik dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, Guru mengevaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, b)Nilai hasil uji pada kegiatan posttest pada kelas eksperimen 32,05, b. rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol 27,95. Rata-rata nilai dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih besar dari pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat digunakan dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi jenis dan penanggulangan bencana alam. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 13 May 2020 06:02
Last Modified: 13 May 2020 06:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item