INVESTIGATING TEACHER’S EMOTION REGULATION STRATEGIES USED DURING TEACHING IN A TECHNICAL VOCATIONAL SCHOOL CONTEXT

AYUNI TRI ASTUTI, SENI (2019) INVESTIGATING TEACHER’S EMOTION REGULATION STRATEGIES USED DURING TEACHING IN A TECHNICAL VOCATIONAL SCHOOL CONTEXT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ENCLOSURES .pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
CHAPTER IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
REFERENCES .pdf

Download (143kB)

Abstract

Kenakalan siswa sekolah menengah kejuruan telah menjadi fenomena yang meluas dalam beberapa dekade terakhir. Oleh karena itu, dibutuhkannya strategi-strategi pengaturan emosi guru yang digunakan dalam menghadapi siswa ketika mengajar. Selain itu, pengaturan emosi juga dapat berpengaruh terhadap managemen kelas dan hubungan antara siswa dan guru. Penelitian ini menyelidiki strategi pengaturan emosi yang digunakan oleh guru ketika mengajar di salah satu SMK Negeri di Indonesia. Descriptive Case Study digunakan sebagai desain penelitian ini dan data dikumpulkan dengan melakukan wawancara yang bersifat semi structured. Kemudian, semua data dianalisis secara tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pengaturan emosi yang digunakan guru selama mengajar bahasa Inggris meliputi (1) situation selection, (2) situation modification, (3) attention deployment, (4) suppression berdasarkan Gross’s model. Modifikasi situasi lebih efektif dalam meningkatkan ekspresi positif dan menurunkan ekspresi negatif untuk mengatasi perilaku siswa selama mengajar. Temuan ini mempunyai bahan refleksi untuk guru dalam mengatur emosi selama mengajar. Kata Kunci: Emosi guru, strategi pengaturan emosi guru, manajemen kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 May 2020 04:12
Last Modified: 08 May 2020 04:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item