PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Nur Afriliyani, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nur Afriliyani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Jamur (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Jamur (Studi Eksperimen di Kelas X IPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan Agustus 2019. Metode yang digunakan adalah True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes angket sebanyak 14 butir soal dan tes hasil belajar berupa pilihan ganda sebanyak 32 butir soal dengan 5 option. Teknik analisis data yang digunakan adalah ancova dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar peseta didik serta ada hubungan antara motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi jamur di kelas X SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, jamur, pengaruh, motivasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 May 2020 03:24
Last Modified: 08 May 2020 03:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item View Item