PENGARUH BAHAN AJAR BERWAWASAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA TUNAS PERSADA (Studi Eksperimen Di Kelas X SMA Tunas Persada Tahun Ajaran 2018/2019)

Kusnadi, Eka (2018) PENGARUH BAHAN AJAR BERWAWASAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA TUNAS PERSADA (Studi Eksperimen Di Kelas X SMA Tunas Persada Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01COOPER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
04ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK EKA KUSNADI. 2018. Pengaruh Bahan Ajar Berwawasan Lokal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Tunas Persada (Studi Ekperimen di Kelas X SMA Tunas Persada Tahun Ajaran 2018/2019). Sekripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berwawasan lokal terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMA Tunas Persada (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Tunas Persada 2018/2019). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan November 2018 di SMA Tunas Persada. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan populasi seluruh kelas X SMA Tunas Persada sebanyak 2 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 69 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 yaitu kelas XA dan XB. Kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada materi pencemaran lingkungan berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice yang berjumlah 30 butir soal. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) =5% Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar berwawasan lokal terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMA Tunas Persada tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci : Bahan Ajar, Wawasan Lokal, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 May 2020 03:20
Last Modified: 08 May 2020 03:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item