PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Sapitri, Ega (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Ega Sapitri, 2019, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Mengonstruksi Teks Negosiasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu kpmpetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik adalah KD.3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi dan KD.4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen karena dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciawi tahun ajaran 2018/2019. Teknik penelitian yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Ciawi tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, satu kelas eksperimen satu kelas kontrol. Data penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dalam menganalisis teks negosiasi adalah 55,48 dan nilai rata-rata postes adalah 85,73, sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 50,63 dan nilai rata-rata postes adalah 65,65. Dalam kemampuan mengontruksikan teks negosiasi nilai ratarata pretes kelas eksperimen adalah 51,92 dan niali rata-rata postes adalah 84,70. Nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 41,36 dan nilai rata-rata postes adalah 51,65. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa hipotesis terbukti, karena dalam kemampuan menganalisis teks negosiasi Whitung = 20 < W(0,05) = 279. dan dalam kemampuan mengontruksikan teks negosiasi Whitung = 0 < W(0,05) = 279. Artinya, model pembelajaran group investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis dan mengontruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciawi tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 May 2020 03:18
Last Modified: 08 May 2020 03:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1729

Actions (login required)

View Item View Item