APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Shandhika Grimaldi Hidayat, Muhamad (2019) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa dilihat dari pengertian Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Selain itu media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel atau proses yang terlihat dalam organisme multisel yang secara radikal berbeda. Metamorfosis merupakan materi pembelajaran yang membutuhkan alat bantu untuk mengefektifkan proses pembelajarannya. Augmented Reality menjadi sumber dari cara komunikasi pembelajaran baru karena dapat mengkombinasikan teks, gambar, video yang tidak bisa di dapatkan dari buku. Penelitian yang dilalukan yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan metamorphosis kupu-kupu serta bagaimana menerapkan Augmented Reality pada proses tersebut dengan hasil berhasil dibuat aplikasi Metamorfosis Kupu-kupu dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality menggunakan pengembangan MDLC. Penerapan Augmented Reality pada Aplikasi ini yaitu dengan pendeteksian Marker 2D dengan Metode Marker Based Tracking. Kata Kunci : Augmented, Media, Metamorfosis, Pembelajaran, Reality

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 11 May 2020 08:13
Last Modified: 11 May 2020 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item