DECONSTRUCTING AN ENGLISH TEACHER’S HAND GESTURES: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS

Nirmala, Ira (2019) DECONSTRUCTING AN ENGLISH TEACHER’S HAND GESTURES: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1SKRIPSI_152122150_LAMPIRAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2SKRIPSI_152122150_BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3SKRIPSI_152122150_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
4SKRIPSI_152122150_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
5SKRIPSI_152122150_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
6SKRIPSI_152122150_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
7SKRIPSI_152122150_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK IRA NIRMALA, 2019. ”Deconstructing an English Teacher’s Hand Gestures: A Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis” Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian mengenai gestur di berbagai ranah dan jenjang pendidikan telah banyak dilakukan, namun jarang yang menelaah gestur dalam pengajaran dengan menganalisa makna dalam suatu data yang menggunakan mode verbal dan mode gambar. Oleh sebab itu, penelitian ini memaparkan bagaimana seorang guru menyampaikan makna melalui gestur yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini melibatkan seorang guru Bahasa Inggris. Data diperoleh melalui observasi dan stimulasi ingatan (Stimulated Recall) kemudian dianalisis menggunakan sistemik fungsional-analisis wacana multimodal (O’Halloran, 2008) dan teori appraisal (Martin and White, 2005). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga cara penyampaian makna yang digunakan oleh seorang guru yang terdiri dari Engaging the Students’ Classroom Activities through Raising and Waving Hands, Emphasizing the Instruction through Raising a hand; Pointing; Shaking a Hand; and Thumb Up, dan Natural Movements in The Form of Writing; Coughing; Scratching a Head; and Scratching an Eye during Teaching and Learning Classroom Activities. Lalu, hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian makna tersebut dapat memotivasi murid selama proses belajar mengajar di dalam kelas. Kata Kunci: Gesture Analysis, Multimodality, Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 May 2020 03:14
Last Modified: 08 May 2020 03:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item