PERBEDAAN PENGETAHUAN MURID TENTANG PHBS DI SEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN DENGAN VIDEO ANIMASI (Studi pada Murid di SD Tipar Kota Sukabumi Tahun 2019)

Dedi, Suhendi (2019) PERBEDAAN PENGETAHUAN MURID TENTANG PHBS DI SEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN DENGAN VIDEO ANIMASI (Studi pada Murid di SD Tipar Kota Sukabumi Tahun 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0-COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN Alhamdulillahirabbilalamin.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I Alhamdulillahirabbilalamin.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB II Alhamdulillahrabbilalamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III Alhamdulillahirabbilalamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV Alhamdulillahirabbilalamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V Alhamdulillahirabbilalamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB VI Alhamdulillahirrabalalamin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Alhamdulillahirrabalalamin.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK DEDI SUHENDI Perbedaan Pengetahuan Murid Tentang PHBS Di Sekolah Sebelum dan SesudahPenyuluhan Dengan Video Animasi (Studi Pada Murid Di Sd Tipar Kota Sukabumi Tahun 2019) Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga yang dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. Program PHBS dapat dikelompokkan kedalam 5 tatanan lingkungan kehidupan yaitu sekolah, rumah tangga, institusi kesehatan, tempat umum, dan tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan murid tentang PHBS sebelum dan sesudah penyuluhan dengan video animasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Sampel yang diteliti adalah 45 anak sekolah dasar yang diambil dengan teknik sampling non probability purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah video animasi dan lembar kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Paired-Samples T Test dengan tingkat perbedaan α <0,05. Berdasarkan uji statistik Paired-Samples T Test menunjukkan nilai signifikansi p = 0.000 untuk pengetahuan pretest-posttest ke-1 dan p = 0,000 untuk perbedaan pengetahuan antara posttest ke-1 dan ke-2 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan video animasi. Kata Kunci : PHBS, Media Pembelajaran, Video Animasi. Kepustakaan : 31, (2003-2018)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 May 2020 03:09
Last Modified: 08 May 2020 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item