Dedi, Suhendi (2019) PERBEDAAN PENGETAHUAN MURID TENTANG PHBS DI SEKOLAH SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN DENGAN VIDEO ANIMASI (Studi pada Murid di SD Tipar Kota Sukabumi Tahun 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
0-COVER.pdf Download (71kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN Alhamdulillahirabbilalamin.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB I Alhamdulillahirabbilalamin.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB II Alhamdulillahrabbilalamin.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
BAB III Alhamdulillahirabbilalamin.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
BAB IV Alhamdulillahirabbilalamin.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
BAB V Alhamdulillahirabbilalamin.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
BAB VI Alhamdulillahirrabalalamin.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Alhamdulillahirrabalalamin.pdf Download (76kB) |
Abstract
ABSTRAK DEDI SUHENDI Perbedaan Pengetahuan Murid Tentang PHBS Di Sekolah Sebelum dan SesudahPenyuluhan Dengan Video Animasi (Studi Pada Murid Di Sd Tipar Kota Sukabumi Tahun 2019) Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga yang dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya. Program PHBS dapat dikelompokkan kedalam 5 tatanan lingkungan kehidupan yaitu sekolah, rumah tangga, institusi kesehatan, tempat umum, dan tempat kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan murid tentang PHBS sebelum dan sesudah penyuluhan dengan video animasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Sampel yang diteliti adalah 45 anak sekolah dasar yang diambil dengan teknik sampling non probability purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah video animasi dan lembar kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Paired-Samples T Test dengan tingkat perbedaan α <0,05. Berdasarkan uji statistik Paired-Samples T Test menunjukkan nilai signifikansi p = 0.000 untuk pengetahuan pretest-posttest ke-1 dan p = 0,000 untuk perbedaan pengetahuan antara posttest ke-1 dan ke-2 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan video animasi. Kata Kunci : PHBS, Media Pembelajaran, Video Animasi. Kepustakaan : 31, (2003-2018)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 May 2020 03:09 |
Last Modified: | 08 May 2020 03:09 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1704 |
Actions (login required)
View Item |