PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2018/2019)

PERMATASARI, MERLINDA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM INDERA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september 2018 sampai bulan juni 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 2 kelas yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda dengan lima option yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera. Hasil analisis data didapat dari skor gain kelas eksperimen dan skor gain kelas kontrol dengan α = 0,05 dan diperoleh harga thitung sebesar 2,12 dan ttabel sebesar 0,07. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:54
Last Modified: 30 Apr 2020 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item