HAMDAN, DONI (2019) REFORMASI BIROKRASI KECAMATAN BANJARSARI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (60kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari atas ketertarikan penulis terhadap Reformasi Birokrasi Kecamatan Banjarsari dalam meningkatlan pelayanan publik. Beban kerja yang berat berdampak terhadap lambanya Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik, hal tersebut terjadi karena pemerintah kecamatan harus membawahi 22 Desa dengan luas wilayah 163,07 Km2. Pemerintah Kecamatan Banjarsari tidak mampu memberikan hasil yang memuaskan kepada masyarakat karena pembangungan yang kurang merata serta jauhnya masyarakat untuk pergi ketempat pelayanan. Sehingga pada akhirnya Kecamatan Banjarsari melakukan sebuah pemekaran wilayah menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar. Peningkatan Kinerja Birokrasi yang dilakukan oleh Kecamatan Banjarsari dianalisis menggunakan teori Reformasi Birokrasi dan Pelayanan publik untuk merepresentasikan hasil dari pemekaran wilayah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data dari Miles and Huberman, dengan validitas data yang dipilih yaitu triangulasi data. Hasil dari penelitian Kecamatan Banjarsari secara formal tidak melakukan Reformasi Birorkasi yang diperkuat tidak adanya dokumen pendukung sebagai barang bukti yang kuat. Namun apabila dilihat dari ciri-ciri Reformasi Birokrasi, Kecamatan Banjarsari melakukan perubahan dengan pemekaran wilayah bertujuan untuk meningkatkan percepatan pelayanan publik yang efektif dan efisien supaya mudah dijangkau oleh seluruh penduduk masyarakat. Pemekaran wilayah Kecamatan Banjarsari sangat membantu bagi pemerintah untuk memberikan kontribusi yang maksimal dalam menyelenggarakan pelayan publik serta mempermdah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang dekat dan responsif. Pengurangan beban kerja Kecamatan berdampak pada kualitas pelayanan, pemerataan pembangunan dan sebagai faktor terciptanya pemerintahan yang baik. Kata Kunci : Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Tugas Kecamatan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 02:53 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 02:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1660 |
Actions (login required)
View Item |