STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN MAMAN SURYAMANDANIRMA BASTAMAN PADA PILKADA KOTA BANJAR TAHUN 2018

RUHUL AWALYAH, NIA (2018) STRATEGI MARKETING POLITIK PASANGAN MAMAN SURYAMANDANIRMA BASTAMAN PADA PILKADA KOTA BANJAR TAHUN 2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul strategi pemasaran politik Maman Suryaman dan Irma Bastaman pada pilkada Kota Banjar 2018.Yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh Maman Suryaman dan Irma Bastaman di Pilkada Kota Banjar 2018. Fokus kajian menekankan pada strategi pemasaran politik akan menjadi pasangan Maman Suryaman dan Irma Bastaman dalam menghadapi lawan politiknya. Dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian adalah bagaimana marketing politik pasangan Maman Suyaman dan Irma Bastaman dalam pemilukada tahun 2018 Kota Banjar, maka penelitian ini menggunakan teori push marketing , pass marketing,dan pull marketing yang dikemukakan oleh Firmanzah dalam bukunya marketing politiknya. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis interaktif dengan uji validitas data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi politik yang digunakan Maman Suryaman dan Irma Bastaman dengan 3 tahapan snowing, trusting dan loyati yang telah dirancang khusus oleh tim kampanye di samping tiga tahap yang merumuskan konsep kampanyeu ntuk menyiapkan program kerja yang akan ditawarkan kepada masyarakat. (1) strategi Puss marketing dengan cara bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk memberi kesan mendalam dalam benak masyarakat. (2) strategi pass marketing pihak-pihak yang mendukung pasangan Maman Suryaman dan Irma Bastaman di KotaBanjar 2018. Tim sukses Iman Barokah dan beberapa tokoh masyarakat yang berpartisipasi seperti LSM, partai koalisi dan mantan Sekretaris Kota Banjar Bapak H. Yayat. (3) strategi pull marketing menggunakan media massa dalam bentuk facebook media sosial untuk menggambarkan dan mempromosikan Maman Suryaman dan Irma Bastaman. Kata kunci: strategi marketing, pemilihan kepala daerah, pilkadakota Banjar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:22
Last Modified: 13 Aug 2019 07:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item