PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN ( Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Lessy, Suchi Lestariani (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN ( Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Lessy Such Lestariani, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurnal Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik pada materi perubahanl lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 215 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk uraian pada materi perubahan lingkungan yang berjumlah 18 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh problem based learning terhadap keterampilan proses sains dasar peserta didik pada materi perubahanl lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci : keterampilan proses sains dasar, problem based learning, peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Apr 2020 02:49
Last Modified: 30 Apr 2020 02:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item View Item