Safitri Niamulah, Alfita (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI SMK LPT Ciamis Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (229kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa kelas XI. Namun, kenyataan di SMK LPT Ciamis masih banyak siswa yang belum mampu menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMK LPT Ciamis tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMK LPT Ciamis tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknis tes dengan sumber data siswa kelas XI SMK LPT Ciamis tahun ajaran 2018/2019. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMK LPT Ciamis untuk kelas XI adalah 75. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu mengenai hasil belajar menganalisis teks eksplanasi, siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 orang (41,4%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (58,6%), sedangkan pada siklus kedua proses belajar siswa mengalami peningkatan sehingga hasil belajar semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Kemudian pada siklus kesatu memproduksi teks eksplanasi, siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 orang (41,4%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (58,6%), sedangkan pada siklus kedua semua siswa (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini sudah terbukti dan dapat diterima. Artinya model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplansi pada siswa kelas XI SMK LPT Ciamis tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 06:30 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 06:30 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1635 |
Actions (login required)
View Item |