PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019)

SRI AGUSTIN, TITIN (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIA MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/ 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
0. COVER SKRIPSI.FIXXX.pdf

Download (60kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.skripsi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
8.BAB 1-5 SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan argumentasi dan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIA MAN 2 Tasikmalaya pada konsep sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 sampai bulan Agustus 2019. Metode penelitian menggunakan metode true exsperiment dengan populasi seluruh kelas XI MIA MAN 2 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 267 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan argumentasi berbentuk uraian sebanyak 15 soal dan tes hasil belajar berupa soal multiple choice sebanyak 35 soal pada konsep sistem reproduksi manusia. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji ANCOVA (Analyze of Covariance) dengan probabilitas atau taraf signifikansi sebesar (α)=0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Argumentasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI MIA MAN 2 Tasikmalaya pada Konsep sistem Reproduksi Manusia. Kata Kunci : Problem Based Learning, kemampuan argumentasi, hasil belajar, peserta didik, sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Apr 2020 02:42
Last Modified: 24 Apr 2020 02:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item