PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen dikelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Muawanah, Sabilah Nurul (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WIMBA DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI (Studi Eksperimen dikelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
07 BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text
08 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
09 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
10 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
12 Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2019 di SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya dengan menggunakan model Discovery Learning yang diambil dengan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pretest dan posttest dengan bentuk soal multiple choice untuk tes hasil belajar sebanyak 28 soal dan bentuk soal uraian untuk tes berpikir kritis sebanyak 12 soal. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji ANOVA dengan taraf signifikan (α) = 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Wimba dengan pendekatan induktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem reproduksi di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model Pembelajaran Wimba, Pendekatan Induktif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:36
Last Modified: 27 Apr 2020 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item