ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas IX SMPN 6 Tasikmalaya)

FAIZAL, ARRIZAL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PESERTA DIDIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas IX SMPN 6 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Skripsi Arrizal F, Kemampuan Koneksi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematik peserta didik pada materi kubus dan balok serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan koneksi matematik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes kemampuan koneksi matematik, wawancara secara tidak terstruktur dan sistematis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematik pada materi kubus dan balok dan pedoman wawancara yang berupa garis besar permasalahan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa S-14, S-26, S-5 dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan indikator yang pertama, pada indikator yang kedua hanya S-14 yang dapat menyelesaikannya, dan pada indikator ketiga semua subjek belum mampu menguasai indikator ketiga belum mampu merepresentasi ekuivalen suatu konsep matematika. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik meliputi kesulitan dalam mempelajari konsep yaitu ketidakmampuan untuk mengingat syarat cukup untuk menyelesaikan permasalahan yang, kesulitan dalam menerapkan prinsip yaitu tidak menguasai algoritma dalam hal ini yaitu tidak mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk melakukan perhitungan, serta kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yaitu ketidakmampuan menyelesaikan soal yang berbentuk soal cerita berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematik terdiri dari faktor intern meliputi aspek kognitif yaitu kapasitas atau intelegensi subjek masih kurang, aspek afektif yaitu suasana suasana kelas yang kurang. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematik, Kesulitan Belajar, Faktor Kesulitan Belajar, Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Apr 2020 03:21
Last Modified: 22 Apr 2020 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item