PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN/ISU, SUDUT PANDANG, ARGUMEN DAN SIMPULAN DEBAT SERTA MENGONSTRUKSI TEKS DEBAT (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019)

Anindita, Clarisa (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN/ISU, SUDUT PANDANG, ARGUMEN DAN SIMPULAN DEBAT SERTA MENGONSTRUKSI TEKS DEBAT (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI CLARISA ANINDITA-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang, argumen beberapa pihak dan simpulan debat serta mengonstruksi teks debat pada peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018-2019. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu (1) Model pembelajaran Time Token berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang, argumen beberapa pihak dan simpulan pada peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Tasikmalaya; (2) Model pembelajaran Time Token berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen beberapa pihak dan simpulan pada peserta didik kelas X TITL SMK Negeri 2 Tasikmalaya. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Time Token, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan model Ekspository Learning sebagaimana kegiatan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen pada KD 3.12 yaitu pretest 35,9 dan postest 74,7. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada KD 4.12 yaitu pretest 43,3 dan postest 77,4. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol pada KD 3.12 yaitu pretest 53,9 dan postest 57,6. Nilai rata-rata kelas kontrol pada KD 4.12 yaitu pretest 42,5 dan postest 51,5. Data nilai kedua kelompok dihitung secara statistik menggunakan uji wilcoxon. Perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kemampuan menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan debat diperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Apr 2020 03:15
Last Modified: 27 Apr 2020 03:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item