EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI UNSUR-UNSUR DRAMA TRADISIONAL DAN MODERN YANG DIBACA, DITONTON/DIDENGAR Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Esi Gantini, Yevigar (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENGINTERPRETASI UNSUR-UNSUR DRAMA TRADISIONAL DAN MODERN YANG DIBACA, DITONTON/DIDENGAR Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran kemampuan mengidentifikasi dan menginterpretasi yaitu peserta didik cenderung malas membaca dan tidak menyukai pelajaran Bahasa Indonesia sehingga pembelajaran tidak mencapai kriteria yang diinginkan. Dan permasalahan lain yang dihadapi yaitu guru belum bisa menentukan model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran dan belum mengetahui jenis-jenis model pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Efektifkah model pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama tradisional dan modern yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? (2) Efektifkah model pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran menginterpretasi unsur-unsur drama tradisional dan modern yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan keefektifan model pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur drama tradisional dan modern yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk memaparkan keefektifan model pembelajaran Explicit Instruction dalam pembelajaran menginterpretasi unsur-unsur drama tradisional dan modern yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda Legokrandu Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Eksperimen teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik angket, dan teknik pengukuran (Pretest-Postest) dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMPN Islam Nurul Huda LegokranduTasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan di SMPN Islam Nurul Huda LegokranduTasikmalaya untuk kelas VIII adalah 75. Pengolahan data yang penulis gunakan yaitu uji normalitas data, untuk melihat lebih banyak data yang berdistribusi normal atau tidak normal. Setelah penulis mengolah data, hasil pengolahan data lebih banyak data yang berdistribusi tidak normal. Sehingga penulis menggunakan uji W untuk menunjukkan perbedaan di setiap kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 23 Apr 2020 02:12
Last Modified: 23 Apr 2020 07:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item