RENI, NURMUJAHIDAH (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan, Pernyataan, Abstrak.pdf Download (157kB) |
|
Text
4. BAB I Pendahuluan.pdf Download (351kB) |
|
Text
5. Bab II Landasan Teoretis.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
|
Text
6. Bab III Prosedur Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
8. BAB V Simpulan & Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK RENI NURMUJAHIDAH. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R). Selain itu untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang terdiri dari 10 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik Random Sampling, peneliti memilih sampel secara acak dari seluruh kelas VIII, terpilih kelas VIII A dengan 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D dengan 37 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, analisis data, dan pengujian hipotesis menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dan aktivitas belajar peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dinyatakan dalam kategori baik. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, SQ3R, Pemecahan Masalah, Aktivitas Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:08 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
View Item |