RIMA, SAFITRI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
19. COVER SKRIPSI.pdf Download (49kB) |
|
Text
20. ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text
1. BAB I.pdf Download (217kB) |
|
Text
2. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
5. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
6 Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
Abstract
ABSTRAK Rima Safitri. 2019. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Keanekeragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 284 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas X MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk pada konsep keanekaraman haati yang berjumlah 31 soal dan tes keterampilan generik sains berbentuk essay sebanyak 12 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:08 |
Last Modified: | 23 Apr 2020 02:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1599 |
Actions (login required)
View Item |