PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020)

RIMA, SAFITRI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
19. COVER SKRIPSI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
20. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
1. BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
6 Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)

Abstract

ABSTRAK Rima Safitri. 2019. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Keanekeragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Juli 2019. Metode penelitian menggunakan true experiment dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singaparna sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 284 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas X MIPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan majemuk pada konsep keanekaraman haati yang berjumlah 31 soal dan tes keterampilan generik sains berbentuk essay sebanyak 12 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANCOVA dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 23 Apr 2020 02:08
Last Modified: 23 Apr 2020 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item