“STRATEGI PEMENANGAN TATO PAMUJI-SYAMSUL AULIA PADA PEMILIHAN BUPATI KABUPATEN CILACAP PERIODE 2017-2022"

RANGGA, DWIKA KUSUMA (2019) “STRATEGI PEMENANGAN TATO PAMUJI-SYAMSUL AULIA PADA PEMILIHAN BUPATI KABUPATEN CILACAP PERIODE 2017-2022". Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BBAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah merupakan sebuah ajang kontestasi bagi para kandidat untuk bersaing dalam memperebutkan jabatan politik. Sehingga masingmasing kandidat beradu strategi untuk memenangkan pemilu tersebut. Strategi merupakan suatu cara atau taktik muslihat untuk mencapai suatu tujuan. Tentu saja strategi yang dimaksud adalah strategi politik. Dalam Penelitian ini, peneliti berusaha menjelaskan tentang bagaimana Strategi pemenangan yang digunakan oleh Tato Pamuji-Syamsul Aulia pada pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Cilacap. Peneliti menganggap topik ini perlu diteliti karena penggunaan marketing politik yang berhasil memenangkan pasangan Tao Pamuji-Syamsul Aulia. Peneliti juga menekankan pada penjelasan bagaimana penggunaan strategi marketing dalam konteks politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunaka pendekatan studi kasus sebagai pedoman atau kerangka acuan dalam menyesuaikan teori-teori dengan data temuan dilapangan. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis interaktif sebagai pisau atau alat dalam memahami datadata temuan dilapangan yang disesuaikan dengan kerangka acuan teori yang digunakan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa pasangan Tato Pamuji-Syamsul Aulia telah menerapkan unsur-unsur marketing politik dengan baik. Unsur-unsur marketing politik yang diterapkan seperti riset pasar, segmentasi pasar, 4P bauran pemasaran, membangun image dan positioning politik serta pendekatan marketing politik seperti pass, push dan pull marketing. Melalui marketing politik ini, pasangan Tato-Syamsul berhasil memenangkan pemilihan Bupati Kabupaten Cilacap. Hal tersebut karena marketing politik mempunyai peranan penting untuk melihat peluang dan potensi suara yang ada di masyarakat. Sehingga, dengan begitu pasangan Tato-Syamsul dapat dengan mudah menentukan cara kampanye apa yang akan dilakukan, program apa yang akan ditawarkan dan image apa yang akan ditampilkan. Kata Kunci: Pemilihan Kepala Daerah, Strategi politik, Marketing Politik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:54
Last Modified: 21 Apr 2020 03:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item