PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR TENTANG CARA MELAKUKAN ATAU MEMBUAT SESUATU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Surya adi, Saputra (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUNJUNG KARYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PROSEDUR TENTANG CARA MELAKUKAN ATAU MEMBUAT SESUATU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover dll.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Surya adi saputra. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kunjung Karya dalam Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur Tentang Cara Melakukan atau Membuat Sesuatu (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan dan membuat sesuatu merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII menurut kurikulum 2013. Kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum menguasi kemampuan mengidentifikasi struktur serta menyimpulkan isi teks prosedur. Penelitian ini bertujuan mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran kunjung karya meningnkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur (tujuan, langkah-langkah, penutup) dan kaidah kebahasaan (kalimat perintah, kalimat saran, kata yang menyatakan urutan, konjungsi, adverbial dan kata yang menunjukkan ukuran) teks trosedur serta menyimpulkan isi teks proesur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes dan wawancara pada guru kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 46 peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik. Pada proses belajar siklus kesatu, terdapat 4 orang (8,6 %) yang belum jujur, 19 orang (41,3%) yang belum bekerja sama, 11 orang (2,39%) yang belum berkomunikasi dan 5 orang (10,8%) yang belum berpartisipasi. Pada siklus kedua, sudah tidak ada lagi peserta didik yang belum jujur, belum bekerja sama, belum berkomunikasi dan belum berpartisipasi. Hasil belajar dari siklus kesatu aspek pengetahuan dan keterampilan terdapat 18 orang (40%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari standar KKM 76 dan 28 orang (60%) belum mencapai KKM. Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan, semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat teruji. Artinya, model pembelajaran kunjung karya dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan atau membuat sesuatu penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Apr 2020 03:38
Last Modified: 20 Apr 2020 06:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item View Item